Senin, 03 Desember 2012

Dasar-dasar Pemrosesan komputer


Dasar-dasar Pemrosesan komputer

Komputer sebagai Elemen dalam Sistem Informasi
Komputer ada dalam berbagai ukuran. Komputer besar disebut mainframe, dan telah ada sejak awal. Mainframe adalah tulang punggung pengolahan data di organisasi besar seperti pemerintahan dan perusahaan-persahaan fortune 500. Mainframe yang lebih besar dan penuh daya adalah supercomputer. Supercomputer  begitu penuh daya sehingga hanya berada di organisasi-organisasi yang sangat besar, dan terutama digunakan untuk perhitungan ilmiah.
Namun kecerundangan saat  ini mengarah pada komputer yang lebih kecil. Pada tahun 1970-an, trend ini dimulai dengan komputer mini (minicomputer) atau mini. Komputer ini lebih kecil dari mainframe tetapi dalam banyak hal melampui kinerja unit yang lebih besar.
Komputer mini diterima dengan sangat baik sehingga pembuat komputer memproduksi  rancangan yang lebih kecil, yang disebut komputer mikro (microcomputer) atau mikro. Sebagian besar sirkuit utama komputer mikro berbentuk silicon integrated circuit chip, yang lebih kecil dari kuku  anda. Chip ini disebut microprossor.
Komputer mini dan komputer mikro yang diperkealkan pada tahun 1970-an menimbulkan revolusi dalam komputer. Dengan bangkitnya sistem yang lebih kecil, bahkan organisasi perorangan pun dapat menikmati manfaat dari komputerisasi pengolahan data dengan biaya terjangkau.

Arsitektur komputer                    
adalah sebuah diaram unit dasar yang terdapat dalam semua komputer. Diagram itu disebut skema komputer (computer schematic) dan telah ada sejak awal masa komputer. Unit-unit komputer yang disebut perangkat keras (hardware), biasanya dikemas dalam sebuah kotak tersendiri dan dihubungkan dengan kabel-kabel elektris.
Unit yang paling penting  adalah control processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem komputer lain dan mengububah  input menjadi output . CPU mencakup semua penyimpanan yang disebut  penyimpanan primer  (primary storage). Biasanya disebut main memory. Primary storage berisi data yang sedang diolah dan program, yaitu suatu daftar intruksi yang mengolah data. Istilah perangkat lunak (software) digunakan untuk menggambarkan satu atau beberapa program. Unit pengendali  (control unit ) membuat semua unit bekerja  sama dengan satu sistem, dan aritmetic and logic unit (ALU) adalah tempat berlangsungnya operasi perhitungnan dan logika. Nama processor  digunakan untuk menggambarkan  control unit  da ALU yang mengolah isis penyimpanan primer.
Satu atau beberapa  unit input  memasukan data ke dalam penyimpanan primer, karena penyimpanan primer kapasitasnya  terbatas, diperlukan are penyimpanan tambahan, yang disebut penyimpanan skunder. Penyimpanan skunder (secondary storage) menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data ketika tidak digunakan. Program yang disimpan untuk koleksi perangkat lunak (software library) dan data yang disimpan disebut  database. Hasil pengolahan tersebut dicatat  oleh  unit output.

Penyimpanan Primer
Bit dan Byte
Sekarang kapasitas penyimpanan integraterd circuit diukur dalam megabit (Mb), atau jutaan bit data. Satu bit  adalah posisi penyimpanan elektronik, yaiutu  nyala atau mati, dan kombinasi dari bit tersebut membentuk satu byte, atau satu karakter.
Istilah kilobyte  (disingkat KB) digunakan untuk menggambarkan 1.000 byte. Sebenarnya, karena cara pembuatan integrated circuit, satu kilobyte adalah 1.024 byte. Demiukian pula, satu megabyte, atau MB,  bukanlah 1 juta byte, tetapi 1.024 kali 1024 1.048.576 byte

Random Accsess Memory   
Ketika mebaca literatur komputer mikro, anda mungkin menemui istilah RAM dan ROM adalah singkatan untuk random accsess memory dan merupakan  nama yang diberikan  pada integrated circuit  yang berfungsi sebagai bagian penyimpanan primer yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak dan data. RAM memungkinkan operasi baca maupun tulis tetapi juga disebut  mudah hilang (volatile) karena isinya hilang bila daya listrik dimatikan.

Read-Only Memory
Jenis khusus dari penyimpangan primer dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulisi. Jenis ini disebut  ROM, read-only memory. Anda dapat mebaca intruksi dan data yang telah disimpan sebelumnya dalam ROM,  tetapi anda tidak dapat mengubah isisnya dengan menulis di atasnya. Pembuat komputer menggunakan ROM untuk menyimpan material seperti instruksi –instruksi yang memberitahukan komputer apayang harus dilakukannya saat dinyalakan. ROM bersifat tdak mudah hilang (nonvolatile) dalam arti isisnya tidak terhapus ketika daya listrik sistem dimatikan.

Cache Memory
Perpindahan intruksi program dan data antara pentimpanan primer dan processor  (unit pengendali  dan ALU) dicapai pada kecepatan yang sangat tinggi. Operasi itu hanya membutuhkan 50 nanosecond. Satu nanosecond adalah satu per miliar dari satu deti. Walau ini tampaknya cukup cepat, sejumlah komputer mampu mencapai kecepatan yang lebih tinggi dengan menyerahkan jumlah terbatas dari RAM khusus yang sangat cepat dan sangat mahal yang ditempatkan diantara RAM  biasa dan processor . RAM jenis ini dikenal sebagai cache memory. Isi cache memory diperiksa oleh  processor mempunyai isi yang dibutuhkan, pengambilan dapat dilakukan dengan lebih cepat dari pada jika dengan RAM biasa.
Kapasitas penimpanan primer terus meningkat  selama era komputer. Komputer mainframe pertama hanya memiliki 4KB penyimpanan. Komputer mikro sekarang yang digunakan sekarang sebagai small business system dapat memiliki 96MB atau lebih penyimpanan.

Unit  Input

Keyboard
Unit input yang paling populer adalah keyboard dari terminal atau komputer mikro. Keyboard memungkinkan anda memasukan data dengan menekan tmbol-tombol yang tepat. Mirip mesin tik, sebagian besar keyboard  komputer dilengkapi  denagn sejumlah tombol tambahan. Contohnya adalah numeric keypad, yaitu tombol-tombol yang diatur  dengan pola yang sama seperti kalkulator saku untuk memudahkan memasukkan data angka. Tombol khusus lainnya adalah tanda panah atau cursor control  keys, yang digunakan untuk memindahkan cursor, dan tombol fungsi, yang menjalankan tugas tertentu bagi pemakai, tergantung dari perangkat  lunaknya.

Alat  penunjuk

Mouse  adalah sebuah alat kecil dan ringan, kira-kira  seukuran setumpuk kartu, yang pas dengan telapak tangan. Dihubungkan ke komputer dengngan sebuah kabel halus, mouse memiliki bola kecil dibwahnya dan satu, dua atau tiga tombol diatasnya. Dengan menggeser mouse dipermukaan rata, bolanya akan berputar.  Perpindahan tersebiut diinterpretasikan oleh komputer, dan cursor bergerak di layar sesuai dengan pola yang diikuti mouse.

Trackball  adalah sebuah alat penunjuk yanbg sama engan mouse, tapi bolanya ada diatas, bukan di bawah. Karena lokasi bola tersebut , pemakai dapat menggerakan cursor hanya dengan memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat tersebut. Kelebihan trackball dari pada mouse adalah tidak memerlukan bidang diatas meja. Trackball sering terdapat di laptop.

Touchscreen  sebagian layar komputer  memiliki kemampuan layar sentuh  (touh screen) yang memungkinkan anda memasukan data atau instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi di layar dengan menggunakan jari.

Light pen  dipergunakan untuk menunjuk pada layar seperti pada jari menunjuk pada layar sentuh. Ketika pene digerakan diatas papan khuss dengan cara yang sama seperti mouse, satu sinyal elektronik dikirimkan melalaui kabel halus ke komputer  sehingga sinyal tersebut dapat diinterprestasikan oleh program.
Unit Remote Control  anda dapat berkomunikasi dengan komputer sperti anda mengatur TV dengan menggunkan unit remote control  genggam.


Alat Input Otomasi Data Sumber
Meskipun  input  komputer  dapat dilaksanakan dengan cukup cepat oleh operator berpengalaman dengan menggunakan keyboard  dan alat penunjuk, kecepatan lebih lambat dari pada kecepatan komputer. Kecepatan input manusia diukur dalam jumlah karakter per detik tau kata per menit, sementara kecepatan pemrosesan internal komputer diukur dalam jutaan intruksi per detik (milion of intruction per second – MIPS).
Kecepatan input yang relatif lambat dapat menciptakan antrian input dari data yang menunggu untuk dimasukan kedalam komputer. Sejumlah perusahaan telah mengurangi antrian input dengan menggunakan otomasi data sumber (source data automation) – SDA. SDA mengacu pada pembacaan data langsung dari dokumen atau objek. Terdapat  dua  teknologi  dasar, yaitu pembacaan optis (optical reading) dan pembacaan magnetis (magetic reading).

Alat pembaca optis   alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel  photolectric disebut unit pembaca optis, atau scanner.
Alat pembaca magnetis  bentuk optimasi data pertama yang berhasil adalah magnetic ink character recoginition (MICR), yng diperkenalkan pada akhir 1950-an oleh American Banking Association. ABA memerintahkan agar karakter-karakter khusus dicetak dibagian bawah cek dengan menggunakan tinta khusus.

Alat Input Pengenal Suara
Serkarang memasukan perintah atau data ke komputer dapat  dilakukan dengan hanya berbicara ke dalam mikropon yang dihubungkan pada unit pengenal suara. Unit pengenal suara  (speech recognition unit) menganalisis pola suara dan mengubah  menjadi bentuk digital untuk proses.
Meskipun model prototipe dari unti pengenal suara ini dibuat pada akhir 1950-an, baru pada tahun 1970-an di produksi secara masal. Sebagian besar unit mensyaratkan seorang pemakai tertentu untuk melatih sistem itu mengenali suaranya dengan mengucapkan kosa kata tertentu. Ketika kata-kata tertentu diucapkan, kata-kata itu dikodekn menjadi bentuk digital oleh sistem. Setelah tiap kata diucapkan beberapa kali, suatu pola digital disimpan untuk acuan selanjutnya. Jenis sistem ini umumnya disebut  speaker-dependent system.
Untuk mengatasi keterbatasan dari sistem yang hanya mengenali suara satu pemakai saja, dikembangkan pengenal suara jenis seaker-independent system  yang berbeda sama sekal. Proses pengenalannya didasarkan pada bagaimana kita berbicara dari pada apa yang dikatakan. Teknik ini menjanjikan mampu mengenali semua pemakai yang berbicara dalam bahasa apa pun  asalkan proses pembuatan model suaranya telah dilakukan.

 Unit output
Alat  Output  Tampilan
Alat output yang paling populer  bagi pemakai adalah layar tampilan (display screen), juga disebut sebagai monitor, catchode ray tube (CRT), atau video display terminal (VDT). Layar tampilan digunakan oleh semua ukuran komputer dan hampir selalu disertai keyboard.
Layar tampilan sangat beragam dalam ukuran, resolusi, dan kemampuan warna. Kecuali layar yang dirancang untuk fungsi khusus, ukuran ditentukan dengan mengukur diagonal permukaan layar. Resolusi,  atau kejernihan suatu tampilan bergantung pada jumlah titik-titik individual yang dapat diperoyeksikan ke layar. Tiap titk ini, atau pixel, dicahayai untuk menghasilkan karakter atau pola grafik. Jika jumlah pixel bertambah, resolusi semakin baik. Jika anda memiliki monitor  monochrome, tampilan itu biasanya terdiri dari karakter putih atau hijau di atas latar belakang hitam, atau karakter abu-abu di atas latar belakang putih. Jika anda memiliki monitor berwarna, anda dapat memilih jumlah warna yang hampir tak terbatas.
Alat Output Cetakan
  • Kelemahan uatama layar tampilan adalah ketidak mampunya untuk mrnghasilkan saluran kertas, atau hard copy, dari output. Salinan kertas merupakan pilihan atau bahkan keharusan jika:     Informasi harus dikirim melalui pos (misalnya faktur atau tagihan yang harus diposkan kepada pelanggan).
  • Catatan historis diperlukan (misalnya daftar cek gaji bulanan)
  •   Jumlah output relatif banyak (seperti laporan manajemen yang panjangnya beberapa halaman), atau
  •   Beberapa orang harus menggunakan informasi yang sama pada waktu yang sama (seperti dalam koferensi).


Alat output yang disebut  primer menghasilkan output salinan kertas. Ada tiga jenis printer-line, character, dan page.

Line Printer printer komputer pertama disebut line printer karena mencetak dengan sangat cepat sehingga setiap kali tampak seperti  mencetak satu garis. Line printer masih terdapat dalam konfigurasi mainframe  dan beroperasi dalam kecepatan 300 hingga 3000 baris per menit.

Character Printer  character printer mencetak satu karakter pada saat itu juga. Impact character printer yang paling populer adalah dot matrix printer, yang mencetak karakter dalam bentuk matriks dalam titik-titik tinta.

Page Printer  printer yang paling cepat disebut  page printer karena printer tersebut tampak seperti mencetak satu halaman sekaligus. Dari dekstop printer yang mencetak empat sampai sepuluh halaman per menit hingga sistem besar yang menghasilkan 500 halaman per menit, semuanya merupakan nonimpact printer yang cara operasinya mirip mesin fotokopy.

Alat Output Suara
Meskipun input suara berkembang lambat, output  komputer bersuara telah cukup lama digunakan. Speech output unit, dapat memilih serangkaian suara digital untuk membentuk output komputer bersuara yang dapat langsung ditransmisikan atau melalui suatu saluran komunikasi. Jika anda memencet suatu nomor telepon dan menerima pesan, nomor yang anda hubungi tidak terpakai lagi. Nomor yang baru adalah... Pesan tersebut dihasilkan oleh alat output suara (speech output device).

Plotter
Sejumlah pemakai komputer pertama adalah para insinyur dan ilmuwan yang memerlukan output grafik. Alat output khusus yang disebut plotter dirancang untuk memenuhi kebutuhan ini. Plotter ada dalamberbagai ukuran. Model dekstop kecil menghasilkan gambaran seukuran kertas biasa. Model besar mencetak pada gulungan kertasyang lebarnya dapat mencapai empat kali.

Microform
Perusahaan-perusahaan dengan file dokumen yang besar sering menyimpannya dalam bentuk miniatur dia atas film fotografi. Nama microform diberikan pada semua teknologi seperti itu, dengan istilah microform untuk film dalam bentuk gulungan dan  microfiche untuk film dalam bentuk lembaran. Dengan microform, dokumen kertas datu ruangan penuh dapat disimpan dalam sedikit gulungan atau lembaran yang muat dalam laci meja. Ketika dihubungkan langsung dalam komputer, computer output microform (COM) device mencetak dokumen pada microfilm atau microfiche. Microfilm viewer khusus yang tidak disambungkan ke komputer digunakan untuk menampilkan dokumen, dan microfilm pinter menghasilkan salinan kertas ukuran penuh. Banyak aplikasi microfilm sekarang diganyikan oleh optical disk.


Output Grafik
Pemakai dapat memilih output tabel dalam bentuk garis dan kolom informasi alphanumeric (huruf, angka dan karakter khusus), atau output grafik dalam bentuk diagram, grafik, dan bentuk grafis lainnya. Selain membutuhkan perangkat lunak grafis, outpu grafik membutuhkan perangkat keras yang sesuai. Tiga jenis alat yang dapat menghasilkan output grafik adalah printer, plotter, dan layar tampilan. Ketiga jenis tersebut dapat menghasilkan output multiwarna, asalkan kemampuan tersebut dimiliki oleh perangkat keras.

Peran Alat Input dan Output dalam Pemecahan Masalah

Seorang manajer sering tampak menggunakan keyboard dan layar tampilan, dan mungkin printer dan plotter, dalam memecahkan masalah. Keyboard dapat dilengkapi dengan alat penunjuk yang memudahkan perpindahan cursor. Alat input dan output ini menyediakan hubungan komunikasi antara  manajer dan komputer dan karenanya berperan langsung dalam pemecahan masalah.


Perangkat Lunak
Perangkat  lunak sistem (system software) melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai komputer. Tugas ini berhubungan dengan perangkat keras, dan bukan aplikasi yang dilaksanakan perusahaan . Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem – sistem operasi (operating system), proram utility dan penerjemah bahasa komputer (language translator).

Sistem Operasi  sistem operasi mengelola proses komputer, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan (perangkat lunak aplikasi), dan perangkat keras. Ontoh sistem operasi untuk komputer yang lebih kecil adalah DOS (disk operating system), UNIX, Windows 95, dan OS/2 Warp.
Ada enam fungsi dasar yang dilaksanakan suatu sistem operasi :
v  Menjadwalkan Tugas menetukan urutan pelaksanaan tugas, dengan menggunakan prioritas yang ditetapan oleh perusahaan.
v  Mengelola Sumber Daya Perangkat Keras dan Perangkat Lunak  membuat program aplikasi pemakaiyang dilaksanakan dengan menempatkannya dalam penyimpanan primer, dan kemudian membuat berbagai unit perangkat keras bekerja seperti ditentukan oleh aplikasi.
v  Menjaga Keamanan Sistem  mengharuskan pemakai memasukan password, yaitu sekelompok karakter yang mengidentifikasi pemakai sebagai yang berhak masuk ke dalam sistem.
v  Memungkinkan Pembagian Sumber Daya untuk Beberapa Pemakai   menangani penjadwalan dan pelaksanaan progra aplikasi bagi banyak pemakai pada saat yang bersamaan, suatu kemempuan yang disebut multiprogramming.
v  Menangani  Interuupt  interrupt adalah suatu teknik yang digunakan oleh sistem operasi untuk menunda sementara pemrosesan satu program supaya program lain dapat dilaksanakan.
v  Menyimpan Catatan Pemakaian  melacak jumlah waktu yang digunakan oleh tiap unit sistem – CPU, penyimpanan sekunder, dan alat input dan output.

Program Utility   program utility, atau sering hanya disebut utility, adalah suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu. Utility memungkinkan pemakai untuk meng-copy file, menghapus file, mengurutkan isi file, menggambungkan dua file atau lebih, dan menyiapkan pemakaian media penyimpanan yang dapat dipindahkan. Utility lain memungkinkan manajer operasi komputer memulihkan file yang hilang atau rusak, memantau kinerja sistem bahkan mengendalikan arus data antara pemakai dan komputer.

Penerjemah Bahasa

1.      Bahasa Generasi Pertama – Bahasa mesin
Komputer mula-mula diprogram dalam bahasa mesin (machine language), atau bahasa generasi pertama (first generation languagge) – suatu rangkaian angka nol dan satu yang dapat diinterprestasikan dan dilaksanakan oleh CPU. Program ini dalam bahasa programmer dan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sebelum dijalankan. Program yang ditulis oleh programmer source program, dan bahasa mesin disebut object program.
2.      Bahasa Generasi Kedua – Assembler
Penerjemah pertama disebut assembler. Assembler memungkinkn programer untuk mengkodekan program data assembly language, atau bahasa generasi kedua (second-generation language). Assembly language menggunakan nama mnemonic (seperti DIV untuk devide) untuk melaksanakan operasi, dan nama-nama simbolic (seperti PAYRATE) untuk memproses data. Umumnya juga tedapat hubungan satu-satu antara intruksisumber yang ditulis oleh programmer dan instruksi obyek yang dihasilkan. Ini berarti jika object program memerlukan 500 instruksi, programmer harus membuat kode sebanyak itu.
3.      Bahasa Generasi Ketiga – Compiler dan Iterpreter
Tidak seperti assembly language, bahasa generasi ketiga (third generation laguage) dapat menghasilkan banyak intruksi object program dari suatu source program. Ini berarti bahwa programmer hanya perlu membuat lebih sedikit baris-baris kode. Selain itu, kalimat (syntax) bahasa generasi ketiga lebih miripbahasa pemakai. Bahasa generasi ketiga yang populer adalah           COBOL,PL/I, BASIC, dan C.
4.      Bahasa Generasi  ke Empat – Bahasa Alamiah
Istilah bahasa generasi ke empat (fourth generation language), disingkat 4GL, mengacu pada bahasa yang memungkinkan seorang programmer atau pemakai menginstruksikan komputer apa yangharus dilakukan dari pada bagaimana melakukannya. Istilah bahasa non-prosedural (nonprosedural language)sering digunakan karena urutan instruksi tidak sepenting pada generasi ke tiga. Syntax 4GL sangat mirip dengan bahasa kita sehari-hari.

Perangkat  Lunak Aplikasi
Perangkat Lunak Aplikasi adalah (application software) memproses dataperusahaan. Perangkat lunak itu dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu membuat program sendiri (cusstom programming)matau membeli paket jadi (prewritten package).

Pemrograman sendiri   sebagian besar perusahaan yang menggunakan komputer besar memiliki staf spesialis informasi sendiri. Sebagian besar spesialis informasi ini diteempatkan di unit jasa informas, tetapi semakin banyak yang ditugaskan di area pemakai. Tugas para spesialis ini adalah merancang sistem berbasis komputer ysng memenui kebutuhan unik perusahaan. Produk mereka ini adalah koleksi perangkat lunak (software library) dari programan pesanan (cusstom program).

Paket  Jadi   sejumlah besar paket program aplikasi jadi yang terdapat di pasaran dapat dikelompokan menjadi empat kelompok dasar
·         Paket Aplikasi Bisnis Umum   hampir semua organisasi memiliki pegawaiyang harus di gaji, persediaan yang harus ditangani, pelanggan yang harus dikirimi tagihan, dan piutang yang harus ditagih. Karena berbagai aktivitas seperti ini dan akivitas lainya igunakan secara luas, dibuatlah beragam aplikasi. Situasi ini sangat terlihat pada perangkat lunak komputer mikro yang ditujukan bagi usaha kecil.
·         Paket  Aplikasi  Khusus  Industri    paket aplikasi juga telah dibuat untuk memenuhi kebutuhan khusus industri seperti perternakan dan pertanian, real estate, dan perawatan kesehatan. Banyak paket khusus industri hanya merupakan versi paket bisnis umum yang telah disesuaikan untuk praktek bisnis dan istilah industri tertentu.
·         Paket Aplikasi Peningkatan Produksi Organisasi    kategori yang agak umum ini meliputi perangkat lunak yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dari pada pemecahan masalah individual.istilah produktivitas berarti perangkat lunak memampukan pemakai untuk mencapai hasil yang lebih, menghabiskan sedikit usaha, atau keduanya saat melaksanakan suatu tugas tertentu. Contoh paket aplikasi peningkatan produktivitas organisasional adalah group decision support system (sering disebut groupware), sistem surat elektronik, sistem manajemen proyek,serta paket analisis stastistik dan peramalan. Masing-masing perangkat lunak meningkatkan produktivitas pemecah masalah dalam menangani masalah-masalah  organisasi.
·         Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan   karena komputer mikro biasanya dianggap sebagai peralatan perorangan, sebagian besar paket aplikasi peningkatan produktivitas perorangan dikembangkan untuk dijalankan pada komputer mikro. Contohnya adalah pengolah kata (word processor), spreedsheet elektronik, paket-paket grafik, dan sistem dekstop publishing.


Peran Perangkat Lunak dalam Pemecahan Masalah

Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat berperan langsung atau tidak langsung dalam pemecahan masalah. Perangkat lunak sistem, karena tidak dibuat untuk operasi tertentu dari pemakai, selalu berperan tidak langsung.
Perangkat lunak aplikasi, sebaliknya, dapat berperan langsung atau tidak langsung. Sebagian besar paket aplikasi bisnis umum dan khusus industri dirancang untuk berperan tidak langsung dengan menciptakan dan menangani database yang menjadi dasar subsistem CBIS yang berorientasi informasi. Sebagian perangkat lunak aplikasi untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan hanya berpengaruh tidak langsung pada pemecahan masalah, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data. Namun, perangkat lunak produktivitas lain seperti spreedsheet elektronik, paket analisis statistik dan peramalan, serta manajemen proyek memberikan dukungan langsung




sumber : buku jilid 1 Raymond MC leod, Jr.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar